Tak Pernah Bosan ke Bali

 

Teks & Foto oleh Eka Dalanta @EkaDalanta

Bali memang rasanya sangat mainstream, tapi seberapa mainstream-nya pun tidak pernah membosankan!!

Iya, Bali memang sudah sangat mainstream. Rasanya hampir semua orang di Indonesia Raya ini sudah pernah ke Bali atau sudah membuat Bali sebagai bagian destinasi wisatanya. Bali memang tidak pernah membosankan. Selain karena memang kekayaan budayanya dan alamnya yang cantik, terutama Bali punya kemasan dan siap menjadi tempat wisata yang menyenangkan.

Ini dia beberapa destinasi yang menarik untuk dikunjungi di Bali.

Pura Ulan Danu Beratan, Bedugul

Pura yang satu ini bisa ditemukan di pecahan uang biru 50.000-an kita. Nah karenanya setiba di Pura Ulan Danu Beratan, Bedugul saya juga berpose sembari memegang uang 50.000-an. Hehehe. Pura cantik yang berada di pinggiran danau ini adalah pura suci, berada di desa Bedugul yang sejuk dan adem membuatnya terasa sangat tenang. Desa ini merupakan salah satu penghasil sayur-sayuran segar di Bali. Berkeliling di desa ini melihat kecantikan pura dan menikmati makanan berkuah hangat di tengah cuaca sejuk sangat asik sekali.

Pula Ulan Danu Beratan, Bedugul
Pula Ulan Danu Beratan, Bedugul
Pulau Ulan Danu Beratan di pecahan uang 50.000
Pulau Ulan Danu Beratan di pecahan uang 50.000

Monkey Forest Ubud

Hutan yang sangat luas ini berada di Ubud, Bali. Monyet-monyet berekor panjang bebas berkeliaran dan setiap tamu bisa berjalan kaki menyusuri hutan yang trek-nya sudah diatur rapi dengan persinggahan-persinggahan yang menyenangkan.

Monkey Forest Ubud
Monkey Forest Ubud

Beli Perak dan Ukiran di Gianyar

Jika suka dengan ukiran-ukiran khas Bali dari batu dan aksesoris cantik dari perak, Gianyar punya ratusan workshop yang dengan mudah bisa ditemukan di pinggiran jalan Gianyar. Produk kesenian yang mereka hasilkan cantik dan sangat khas Bali. Harganya? Variatif!

Workshop ukiran Batu di Gianyar Bali
Workshop ukiran Batu di Gianyar Bali
Banyak pengrajin perak di Gianyar Bali
Banyak pengrajin perak di Gianyar Bali

Garuda Wisnu Kencana

Yang paling terkenal dari tempat ini tentu saja patung Garuda Wisnu Kencana yang sudah sejak lama hingga sekarang (2015) belum selesai dibangun. Patung wisnu dan garuda yang sangat besar menjadi daya tariknya dan tentu saja kompleksnya yang seperti blok tanah-tanah raksasa terkotak-kotak itu menurut saya sangat menarik. Jangan lewatkan juga bali dance dan tari kecak yang kerap ada juga dipertunjukkan di sini.

Patung Wisnu di GWK
Patung Wisnu di GWK
Komplek GWK
Komplek GWK
Bali Dance di GWK
Bali Dance di GWK

Piknik di Hutan Mangrove

Buat wistawan kebanyakan, tempat ini memang belum terlalu populis. Tapi cantiknya dan tenangnya tempat ini sangat cocok untuk piknik dalam kota dan melarikan diri ke hutan bakau. Lokasinya di Mangrove Information Centre berada di pinggiran jalan raya by pass lokasinya mudah diakses dengan harga masuk yang murah.

Mangrove Information Centre
Mangrove Information Centre

Pantai Legian

Suasana malam di pantai ini memang sangat luar biasa. Kehidupan malamnya sangat meriah dengan puluhan night club dan kafe. Tapi kecantikan pantainya untuk bersantai juga tidak bisa dilewatkan.

Santai di Pantai Legian
Santai di Pantai Legian

Pantai Nusa Dua

Pantai di tempat ini jauh lebih eksklusif ketimbang pantai Legian. Dan yang menarik di tempat ini adalah Bukit Bali Penisula tempat kita bisa duduk-duduk di padang rumput dengan pepohonan pendek sembari menatap langit yang terasa sangat dekat. Water blow yang berada di sisi-nya yang lain menjadi tempat banyak orang menunggu datangnya pecahan ombak menghantam karang yang mendebarkan hati.

Bali Penisula di Nusa Dua, Bali
Bali Penisula di Nusa Dua, Bali

Pantai Pandawa

Pantai ini baru populis belakangan ini. Seperti banyak pantai lainnya, pantai ini menarik. Yang lebih menarik adalah pasirnya yang bulat seperti merica. Di pantai ini ada banyak aneka water sport yang bisa dicoba.

Pasir Merica Pantai Pandawa
Pasir Merica Pantai Pandawa

Pantai Padang Padang

Garis pantainya tidak terlalu panjang. Tapi yang menarik dari pantai ini adalah jalan masuknya yang seperti lubang batu. Pemandangan batu besarnya juga menarik. Suasananya yang tidak terlalu ramai membuat tempat ini asik untuk duduk berlama-lama.

Pantai Padang Padang
Pantai Padang Padang

Belanja Oleh-oleh di Pasar Seni Sukawati

Untuk urusan oleh-oleh memang ada beberapa swalayan serba lengkap di pusat kota. Tapi Pasar Seni Sukawati menantang tawar-menawar mendapatkan oleh-oleh cantik aneka rupa dengan harga yang murah.

Belanja di Pasar Seni Sukawati
Belanja di Pasar Seni Sukawati

Menikmati Keheningan di Pura Uluwatu

Banyak monyet iseng di pura ini. Dan setiap ke sana semua tamu yang datang, terutama bercelana pendek atau ber-rok pendek, diharuskan memakai kain penutup aurat ungu untuk menghormati kesucian pura. Peraturan ini justru membuat turis lebih catchy difoto dan menjadi daya tarik. Selain memang puranya yang cantik dan tarian kecak dengan api yang menjadi daya tariknya, keheningan pura ini yang berada di atas ketinggian buat saya rasanya sangat luar biasa. Dari atas pura, kita bisa menatap tebing-tebing curam dan riak-riak ombak dari atas ketinggian.

Keheningan di Uluwatu
Keheningan di Uluwatu

Senja di Tanah Lot

Senja di Tanah Lot memang juara. Warna jingganya sangat luar biasa. Menunggu beberapa belas menit sampai matahari benar-benar terbenam dan jatuh di ujung pantai menjadi pekerjaan yang tidak sia-sia. Momen yang sangat berharga.

Sundowner
Sundowner

 

 

One thought on “Tak Pernah Bosan ke Bali”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *