Pulau Beralas Pasir, Surga Tropis Bintan

Teks dan foto oleh: Sahat Farida Berlian

Bersantai ramai-ramai di sini.

Pulau Beralas Pasir, lebih dikenal dengan nama White Sands Island. Objek wisata baru yang kini mulai populer dan menyasar pada wisatawan lokal. Berada di Pulau Bintan Kabupaten Bintan, satu jam berkendara darat dari kota Tanjung Pinang. Bintan merupakan pulau terbesar yang ada di Propinsi Kepulauan Riau. Di Pulau Bintan sendiri terdapat tiga pemerintahan. Pemerintahan Propinsi Kepulauan Riau, baik kantor gubernur maupun DPRD Propinsi, Pemerintahan Kota Tanjung Pinang, dan Pemerintahan Kabupaten Bintan.

Mendaftar dan membayar paket kunjungan
Menggunakan speed boat sekitar 20 menit dari konter utama ke pulau

Ada apa di Pulau Beralas Pasir? Pulau ini tidak berpenghuni, hanya petugas yang bekerja di sana yang menghuninya berganti shift. Namun begitu tamu yang berwisata tidak perlu khawatir, karena ada beberapa tawaran untuk bisa mengunjungi pulau ini, menginap ataupun kunjungan pergi pulang. Tersedia resort dan tenda-tenda di sana bagi yang hendak menginap, sebuah restoran 24 jam siap melayani. Makanan dan minuman sudah termasuk dari bagian paket wisata yang ditawarkan, belum termasuk barbeque. Ke pulau ini, pengunjung dilarang keras membawa makanan minuman dari luar. Ada sanksi yang diberlakukan jika pengunjung diketahui melanggar.

Bersantai, bermain voley pantai, berenang melihat ikan di belakang pulau, snorkeling, kayaking, diving. Dari paket wisata yang ditawarkan, pengunjung boleh menggunakan seluruh fasilitas umum yang ada di sana, kecuali fasilitas untuk snorkeling, kayaking dan diving. Ada biaya tambahan untuk ketiga jenis fasilitas ini.

Bersantai dan beneran di pantai. Hehehe

 

Ke Pulau Beralas Pasir Masuk dari bandara Raja Ali Haji Fisabilillah (penerbangan Jakarta – Tanjung Pinang). Masuk dari pelabuhan Sri Bintan Pura (jalur laut dari Batam, Singapura, Malaysia). Masuk dari pelabuhan Tanjung Uban (jalur laut dari Batam). Masuk dari pelabuhan Kijang (jalur laut kapal besar dari Jakarta) Jl. Wisata Bahari, Trikora km 38, Bintan, Indonesia

Pintu masuk untuk ke pulau ini berada tak jauh dari Hotel Sahid Bintan. Untuk bisa mendatangi pulau Beralas Pasir, kamu harus mendaftarkan diri dan membeli tiket 188.000 rupiah. Biaya ini termasuk jasa transportasi speed boat PP dan makan siang (paket kunjungan satu hari). Dari teman, saya mendapat informasi biaya 288.000 rupiah, paket kunjungan satu hari plus snorkeling. Namun petugas yang berjaga di depan menyarankan untuk membayar kegiatan snorkeling di pulau, yang ternyata, biayanya lumayan berbeda. 234.000 untuk satu jam snorkeling. Belakangan baru saya ketahui, perusahaan yang mengelola pulau ini memiliki dua manajemen untuk paket-paket wisata. Jadi, bagi kamu yang mau ke pulau ini, pastikan kamu membayar paket di konter utama, karena tarif di pulau lumayan perbedaan harganya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *