Pasar Kaget dan Es Campur Kalimantan di Binjai

Teks dan Foto oleh @ekadalanta

Mie Aceh di Pasar Kaget
Mie Aceh di Pasar Kaget

Pekerjaan saya yang sekarang memberikan saya kesempatan sering-sering keluar kota. Saya menyebutnya sebagai workcation. Karena sambil bekerja saya berjalan ke tempat baru dan melihat hal-hal baru yang belum saya lihat ke sana atau hal yang tak baru tapi saya ingin kembali melihatnya. Sebuah bonus yang memang pada akhirnya menjadi biasa apalagi kalau perjalanan dinas ke sana suatu tempat yang sama sudah kesekian kalinya. He-he-he…

Binjai juga bukan merupakan kota yang baru buat saya. Tapi di perjalanan dinas terakhir saya coba menikmati kembali berjalan-jalan di kota ini dan mencicipi kulinernya, yang sebenarnya sudah pernah saya coba beberapa kali. Ada beberapa tempat yang menarik perhatian jika ingin wisata kuliner di kota ini.

Yang pertama adalah Tahu Bolak-balik. Tahu goreng enak dengan dua sisi sehingga memberi kesan bolak-balik yang diisi dengan bakso enak. Yang paling rame dikunjungi adalah yang ada di pinggiran sungai. Namanya Pondok Surya. Yang kedua yang tidak akan pernah saya lewatkan kalau sedang mampir di Binjai adalah Es Kalimantan. Di kedai es yang berada di Jalan Sudirman ini, tidak jauh dari Vihara Setia Budha, yang ditawarkan adalah es campur dan es buah. Tapi favorit saya adalah es campurnya. Rasanya sederhana. Segar sekaligus nikmat karena kesederhanaannya. Harga per porsinya Rp. 7000.

Es campur Kalimantan yang rasanya sederhana.
Es campur Kalimantan yang rasanya sederhana.

Suasana kedai ini terasa kedai tua. Kedai kopi Tionghoa atau kedai es Tionghoa zaman dulu. Memang katanya kedai ini adalah usaha keluarga yang sudah hampir 50 tahun. Pemiliknya dulu Alm. Law Aseng yang memang berasal dari Kalimantan, seperti nama kedai es ini. Saat ini usaha ini diteruskan oleh generasi selanjutnya. Biasanya ada 2-3 orang Cici dan Ai yang menjual dan melayani para pembeli. Di kedai ini, selain minum es campur dan es buahnya, kalau sedang lapar cobain juga sate yang dijual tepat di depannya. Rasanya enak. Nagasarinya juga, tidak terlalu manis dan pas. Kalau agar-agarnya, menurut saya biasa saja. He-he-he….

Pasar Kaget dengan banyak variasi makanan.
Pasar Kaget dengan banyak variasi makanan.

Satu lagi yang menarik perhatian karena memang lokasinya yang persis di tengah kota dan berada di Jalan Ahmad Yani, di jalan sepanjang tidak kurang dari 300 meter, Pasar Kaget Binjai adalah pusat jajanan rakyat, pujasera yang jadi alternatif saya dan kawan-kawan tiap kali hang out malam di Binjai. Pasar Kaget dimulai dari sore hari hingga subuh. Beberapa buka sampai tengah malam saja, beberapa buka hingga subuh. Jajanan yang dijual di tempat ini juga sangat bervariasi. Dari mie rebus, nasi goreng, martabak, nasi padang, mie goreng, aneka jus, teh tarik, dan aneka nasi untuk makan berat, nasi soto, nasi sup, dll.

Mie rebus di Pasar Kaget
Mie rebus di Pasar Kaget

One thought on “Pasar Kaget dan Es Campur Kalimantan di Binjai”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *