5 Famous Beaches in Sabang

Teks oleh Eka Dalanta @ekadalanta

Foto oleh Andi Gultom @andigultom 

Perjalanan ke Sabang tak lengkap bila tak mengeksplorasi pantai-pantainya.

Menikmati sunrise di Iboih

LIMA pantai berikut ini wajib ada dalam daftar kunjungannya saat berlibur ke Sabang. Setiap pantai memiliki keunikan masing-masing. Check this out!

1. Pantai Iboih

Dermaga Iboih, tempat yang asyik menunggu matahari terbit.

Pantai ini terkenal karena menjadi salah satu spot snorkeling dan diving terbaik di Sabang. Berhadapan langsung dengan Pulau Rubiah menjadikannya lokasi yang sangat nyaman dan aman bagi jutaan spesies ikan dan penghuni laut lainnya. Duduk di dermaga penginapan atau dermaga umum Iboih, kamu dapat menyaksikan langsung aneka jenis ikan berenang-renang di pinggiran pantai. Karang-karang cantik juga dijaga di pantai ini. Bagian terbaik lainnya adalah, kita bisa menikmati momen sunrise yang membuat tubuh dan perasaan hati terasa hangat. 😀

2. Pantai Gapang

Pantai Gapang

Beberapa tahun lalu, Pantai Gapang merupakan salah satu pantai terbaik dan paling sering dikunjungi di Sabang. Tapi, April lalu saya menemukan fakta yang berbeda. Pantai ini mulai sepi dan ditinggalkan orang. Kerusakan pada pinggir pantai yang seolah tidak terawat sepertinya menjadi penyebab utamanya. Meskipun demikian, pantai ini tetap menarik untuk kamu singgahi.

Nyaman santai di Pantai Gapang

3. Pantai Sumur Tiga

Pantai landai Sumur Tiga

Yang paling saya sukai dari pantai ini adalah garis pantainya yang panjang dan betapa menyenangkannya berjalan di pinggir pantainya sambil melihat jejeran pohon kelapa berayun-ayun di pinggirannya. Ratusan, mungkin ribuan umang-umang akan selalu menarik perhatian di bawah kaki bila kita sedang berjalan. Bentuk dan warna umang-umangnya juga sangat menarik hati.

Alarm angin yang merdu

Pantai Sumur Tiga saat ini juga menjadi lokasi snorkeling dan diving favorit di Sabang. Menikmati matahari terbit atau menonton lumba-lumba di kejauhan dari resort terbaik di pantai ini, seperti Casa Nemo dan Freddie’s adalah momen berharga.

Papa pulang bawa ikan beibeh….

4. Pantai Ujung Kareung

Pantai Ujung Kareung, biru kehijauan air yang bikin tenang.

Berdiri di atas karang mati yang luasnya satu kampung, bahkan saat mengendarai sepeda motor, kamu berjalan di atas karang mati yang telah disulap menjadi jalan raya, ini pengalaman menakjubkan yang saya temukan saat dalam perjalanan mencari Benteng Jepang.

Pantai Ujung Kareung

Pantai Ujung Kareung menjadi sangat menarik saat kita berhenti di pinggiran bibir pantainya dan menatap ke bawah, ke keluasan lautnya yang biru kehijauan. Seperti zamrud yang sengaja diletakkan di dasar lautan. Di tempat ini rasa kagum tidak akan pernah terasa cukup. Seakan menjadi kecil di keluasan keindahan semesta menjadikan hati kita hangat penuh ucapan syukur.

5. Pantai Anoi Itam

Benteng Jepang yang akan dijumpai dalam perjalanan mencari Anoi Itam.

Seperti namanya, pantai ini terkenal karena pasirnya yang berwarna hitam. Berjarak sekitar 13 kilometer dari pusat kota Sabang, pemandangan saat berjalan mengitari pantai ini sangat indah. Dengan garis pantai dan bukit-bukit landai yang membuat takjub. Menemukan Benteng Jepang, sebuah peninggalan dari masa perang kemerdekaan melawan penjajah Jepang adalah catatan lain yang membuat perjalanan menuju Anoi Itam menjadi sangat menarik.

4 thoughts on “5 Famous Beaches in Sabang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *